Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Pada CV Family Catering Di Samarinda (Studi Pada Ibu Rumah Tangga)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga secara simultan dan parsial terhadap minat beli pada CV Family Catering di Samarinda. (2) untuk mengetahui mana yang paling berpengaruh terhadap minat beli ada CV Family Catering di Samarinda. Penelitian ini dilakukan di CV Family Catering Samarinda yang terletak di Jl. Ratindo Raya, Blok Ratindo 6 No. M10 RT 27, Air Hitam, Kec. Samarinda Ulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang memesan jasa catering pada CV Family Catering Samarinda dan sampelnya berjumlah 100 responden.
Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi (X1), dan harga (X2) secara simultan berpengaruh terhadap minat beli (Y). Hal ini dibuktikan dengan F hitung 92,375 > 3,09 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Pada hasnaviil uji t, variabel harga (X2) secara parsial berpengaruh terhadap minat beli (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung (X2) 5,112 > t tabel 1,984 dengan sig 0,000 < 0,05. Hasil pengujian variabel yang paling berpegaruh adalah variabel promosi (X1) dengan hasil sebesar 0,419.