Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Negeri 3 Kota Samarinda
Abstract
Sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) telah dilakukan di SMA Negeri 3 Kota Samarinda.
Pentian dilakukan pada semester ganjil tahun pemebalajran 2018/2019. Penelitian menerapkan
model pembelajaran Discovery Learning. Kelas yang digunakan adalah XI IP A 8. Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil biologi siswa kelas XI MIP A 8 SMA Negeri
3 Kota Samarinda dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Sampel
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 8, yaitu sebanyak 36 orang. Insrumen penelitian
adalah soal-soal tes. Penelitian .dilaksanakan selama 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan
teknik analisis statistik deskriptif (% ). Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya peningkatan
hasil belajar biologi siswa, yaitu pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 82,57
denngan mencapai 72,22% siswa telah mencapai ketuntasan yakni terdiri dari 26 orang. Pada
Target penelitian adalah siswa yang harus tuntas ~ 75%, maka penelitian perlu dilanjutkan ke
siklus IL Pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajarsebesar 84,24, dengan pencapaian 80,56%
siswa telah mencapai ketuntasan, yang terdiri atas 29 orang. Berdasarkan hasil pad siklus II, maka
peneltian dihentikan pada siklus II, karena sudah melampaui target ketuntasan siswa di dalam
kelas, yakni 80,56% siswa telah tuntas belajar biolgi. Penerapan model pembelajaran Discovery
Learning, mampu meningkatkan hasil <belajar biologi siswa SMA Negeri 3 Kota Samarinda.
Penelitian sejenis selanjutnya perludilakukan, terutama di kelas-kelas lain pada matapelajaran
biologi dengan keresahan pembelajaran yang sama.
Collections
- Reports [941]