Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Gaya Belajar Siswa SMP
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Matematika siswa melalui Gaya Belajar yang dimilikinya. Pelaksanaan penelitian ex post facto ini melibatkan 141 siswa SMPN wilayah Samarinda. Pengumpulan data menggunakan dua buah angket dan satu buah tes hasil belajar Matematika. Analisis data menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terdapat pengaruh langsung yang signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar siswa (yx1= 0.244; t=2,964, p=0,004; =0.05; R2=0,059). (b) terdapat pengaruh langsung yang signifikan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar siswa (yx2=0,243; t=2,954, p=0,004; =0.05; R2=0,059; (c) terdapat pengaruh langsung yang signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Gaya Belajar siswa (x2x1=0.487; t=6,568, p=0,004; =0.05; R2=0,237). Selain itu, juga diperoleh pengaruh tidak langsung dari Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar melalui Gaya Belajar sebesar (x2x1)(yx2) atau 0,118; p=0,00; =0.05. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa pengaruh yang signifikan kedua variable (Lingkungan Keluarga dan Gaya Belajar) secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar adalah sebesar 0,080; yang hal itu didukung oleh F = 5,977; p=0,003; dan = 0.05.