Metode Pengembangan Kognitif
View/ Open
Date
2021-09-01Author
Nurani, Yuliani
Tampiomas, E Leony
Satriana, Malpaleni
Syamsiatin, Eriva
Zainal, Opih Rofiah
Rosmala, Rita
Rahayu, Aprianti Yofita
Metadata
Show full item recordAbstract
Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dalam hal ini Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain, Pos PAUD dan ataupun bentuk satuan pendidikan lainnya merupakan lembaga yang memberikan layanan pendidikan bagi anak berusia sejak lahir sampai enam tahun di Indonesia (Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional). Selayaknya, para pendidik di lembaga ini harus dapat memberikan layanan secara profesional pada anak didiknya dalam rangka peletakan dasar ke arah pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selain itu, agar anak didik mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan serta mempersiapkan diri mereka untuk memasuki pendidikan dasar. Upaya tersebut tidaklah mudah, oleh sebab itu para pendidik harus membekali diri mereka dengan kemampuan merancang serta melaksanakan program kegiatan yang utuh yang dapat dicapai melalui tema-tema yang sesuai dengan lingkungan dan perkembangan anak.