PENGARUH E-KUALITAS LAYANAN, E-KEPERCAYAAN DAN EHARGA TERHADAP E-KEPUASAN DAN E-LOYALITAS KONSUMEN
Abstract
Perkembangan internet dan jejaring sosial di Indonesia saat ini
tidak hanya berfungsi sebagai media informasi dan media
komunikasi saja, namun juga sebagai tempat transaksi jual beli
suatu produk maupun jasa. Tujuan penelitian ini adalah
Menganalisis dan membuktikan pengaruh tidak langsung ekualitas
layanan terhadap e-loyalitas melalui e-kepuasan pada
marketplace Shopee di Kalimantan Timur. Penelitian ini diolah
dengan metode penelitian explanatory atau penelitan penjelasan.
Maksud dari penelitian explanatory adalah penelitian yang
menyoroti hubungan kausalitas antar variabel-variabel penelitian,
dengan menguji rumusan hipotesis yang telah dijabarkan pada
bab sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ekualitas
layanan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap
e-kepuasan. Nilai estimasi bertanda positif mengiden- tifikasikan
bahwa semakin baik e-kualitas layanan yang dipahami oleh
responden maka akan meningkatkan e-kepuasan konsumen
Shopee di Kalimantan Timur. E-kepercayaan mempunyai
pengaruh secara signifikan terhadap e-kepuasan. Nilai estimasi
bertanda positif mengidentifikasikan bahwa semakin baik ekepercayaan
yang dipahami oleh responden maka akan
meningkatkan e-kepuasan konsumen Shopee di Kalimantan
Timur. E-harga mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap
e-kepuasan. Nilai estimasi bertanda positif mengidentifikasikan
bahwa semakin baik e-harga yang dipahami oleh responden
maka akan meningkatkan e-kepuasan konsumen Shopee di
Kalimantan Timur. E-kualitas layanan mempunyai pengaruh
secara signifikan terhadap e-loyalitas. Nilai estimasi bertanda
positif mengidentifikasikan bahwa semakin baik e-kualitas
layanan yang dipahami oleh responden maka akan meningkatkan
e-loyalitas konsumen Shopee di Kalimantan Timur.