Pengaruh kombinasi model pembelajaran teams games tournament dan tebak kata terhadap minat dan hasil belajar siswa SMA materi rumus kimia dan tata nama senyawa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi model pembelajaran teams games
tournament (TGT) dan tebak kata terhadap minat dan hasil belajar siswa SMA pada materi rumus kimia
dan tata nama senyawa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 9 Samarinda
tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian yang diambil adalah dua kelas siswa dipilih menggunakan
teknik purposive sampling dan masing-masing kelas terdiri atas 35 siswa. Satu kelas siswa (kelas
eksperimen) diajar dengan kombinasi model pembelajaran TGT tebak kata dan satu kelas siswa (kelas
kontrol) diajar dengan menggunakan model konvensional. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang
diberikan pada post-test dan ulangan harian. Minat belajar siswa diperoleh menggunakan angket. Uji
statistik dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar siswa kelas eksperimen signifikan lebih tinggi daripada
minat dan hasil belajar siswa kelas kontrol. Jadi penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh
kombinasi model pembelajaran TGT dan tebak kata terhadap hasil belajar siswa pada materi rumus kimia dan tata nama senyawa di SMA Negeri 9 Samarinda.