Optimalisasi Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini
Date
2021-10-15Author
Rahardjo, Budi
Hidayati, Pratiwi
Rozie, Fachrul
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran yang berlangsung di taman kanak-kanak selama ini memiliki beberapa kendala seperti pembelajaran kurang menstimulasi tingkat pencapaian kecerdasan kinestetik atau kebutuhan fisik yang optimal dan kurang mendorong anak untuk bergerak karena terbatasnya waktu dan ketersediaan fasilitas di sekolah. Kecerdasan kinestetik perlu ditingkatkan karena kecerdasan tersebut berkaitan dengan kemampuan menggunakan gerak seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide/gagasan dan emosi melalui gerakan, termasuk di dalamnya kemampuan mengefektifkan gerakannya dalam melakukan atau membuat sesuatu. Kecerdasan ini meliputi kemampuan fisik yang spesifik, seperti koordinasi, keseimbangan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, kecepatan, dan keakuratan menerima rangsang, sentuhan, dan tekstur.
Aktivitas kecerdasan kinestetik juga memberikan kepada anak lebih banyak kesempatan untuk bermain dan berinteraksi dengan lingkungannya. Anak-anak dengan kecerdasan kinestetik yang tinggi akan dapat mengungkapkan diri mereka lebih baik dari pada anak yang lain. Anak-anak pun memerlukan ruang gerak untuk menghabiskan tingkat energi mereka yang tinggi. Mereka perlu memahami bahwa tubuh mereka dan kemampuan mereka melalui gerakan yang bersifat manipulatif.