View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Pengabdian Pada Masyarakat
  • PPM - Faculty of Teacher Training and Education
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Pengabdian Pada Masyarakat
  • PPM - Faculty of Teacher Training and Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Laporan Kegiatan PkM : PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM BAGI GURU IPA SMP DI KOTA SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
Laporan Kegiatan PkM (604.2Kb)
SK Penerima Hibah Kegiatan PkM FKIP UNMUL (683.4Kb)
Date
2021-11-15
Author
Widiyowati, Iis Intan
Erika, Farah
Hairina, Dika Ezati
Kurnia Sari, Anggun Noor
Metadata
Show full item record
Abstract
Guru harus mengubah cara mengajarnya dari metode konvensional ke metode pembelajaran berbasis STEAM agar keterampilan abad 21 teroptimalkan sehingga siswa mampu bersaing pada era revolusi industry 4.0 dan memberikan kontribusi secara nyata. Pelatihan ini bertujuan untuk memberi wawasan mengenai pembelajaran berbasis STEAM yang kemudian dapat diimplementasikan di kelas. Pelatihan pembelajaran berbasis STEAM ini sangat dibutuhkan oleh guru untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar sehingga akan berdampak pada hasil pembelajaran dan untuk mendidik siswa agar mampu menghadapi perkembangan abad 21 dan revolusi industry 4.0. Metode kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dalam bentuk ceramah, diskusi, dan praktek. Langkah langkah pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis STEAM bagi guru IPA SMP di sekolah yang diselenggarakan dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yaitu: (1) Tahap Persiapan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi, dan (4) Tindak Lanjut. Evaluasi kegiatan ini dilakukan saat berlangsungnya kegiatan pelatihan dan melihat produk akhir kegiatan dengan memperhatikan beberapa aspek, yaitu: (1) Aspek yang dievaluasi Aspek yang dievaluasi adalah kehadiran, aktivitas peserta, pemahaman peserta terhadap materi yang telah diberikan, (2) Teknik Evaluasi Evaluasi dilakukan dengan menggunakan instrumen yang sesuai. Kehadiran peserta dievaluasi berdasarkan daftar hadir peserta yang disi, aktifitas peserta berdasarkan instrumen observasi dan tingkat pemahaman berdasarkan jawaban dari latihan soal yang diberikan, (3) Indikator Pencapaian Program, dan (4) Kriteria pencapaian program setiap aspek, yaitu: (1) kehadiran peserta, kreativitas berkategori baik, dan (2) tingkat pemahaman materi berkategori baik. Yang menjadi sasaran dalam kegiatanpengabdian ini adalah guru-guru IPA SMP di Kecamatan Sungai Kunjang. Untuk setiap sekolah mendelegasikan 1 guru bidang studi IPA.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/12570
Collections
  • PPM - Faculty of Teacher Training and Education [725]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback