Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/979
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Qadar, Riskan | |
dc.contributor.author | Fitriyani, Umi | |
dc.contributor.author | Matius, Benyamin | |
dc.contributor.author | Syam, Muliati | |
dc.contributor.author | Sulaeman, Nurul Fitriyah | |
dc.contributor.author | Haryanto, Zeni | |
dc.date.accessioned | 2019-10-19T03:08:49Z | |
dc.date.available | 2019-10-19T03:08:49Z | |
dc.date.issued | 2017 | |
dc.identifier.issn | - | |
dc.identifier.uri | http://repository-ds.unmul.ac.id:8080/handle/123456789/979 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak asesmen sebaya pada pembelajaran fisika menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing. Penelitian menggunakan desain eksperimen dan melibatkan 33 orang peserta didik kelas X IPA 3 SMAN 1 Bontang sebagai subjek penelitian. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan instrumen tes model pilihan ganda dan lembar observasi untuk asesmen sebaya. Kompetensi kognitif asesmen sebaya dan tes pilihan ganda meliputi: menganalisis konsep energi, usaha (kerja), hubungan usaha (kerja) dan perubahan energi, hukum kekekalan energi, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian memperlihatkan kedua instrumen berdistribusi normal dan homogen. Skor asesmen sebaya dengan skor tes akhir memiliki korelasi 0,411 dengan signifikasi sebesar 0,019. Dampak antara tes awal dengan tes akhir berdasarkan uji t memiliki sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Adapun peningkatan hasil belajar fisika peserta didik memiliki rerata N-gain sebesar 0,58. | |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 STEM untuk pembelajaran SAIN abad 21 | |
dc.title | Dampak Asesmen Sebaya Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Bontang | |
Appears in Collections: | P - Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Size | Format | |
---|---|---|---|
file_1031900094.pdf | 368.61 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.