Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/9003
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDjainur, Aryati-
dc.contributor.authorUsman-
dc.contributor.authorAbdul, Majid-
dc.date.accessioned2022-01-13T12:42:03Z-
dc.date.available2022-01-13T12:42:03Z-
dc.date.issued2018-03-
dc.identifier.citation4en_US
dc.identifier.issnP-ISSN: 2615-8418; E-ISSN: 2615-8426-
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/9003-
dc.descriptionPenerapan model pembelajaran make a match dalam model pembelajaran team games tournament (TGT) terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMA, pokok bahasan tata nama senyawa, Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match dalam model pembelajaran team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan tata nama senyawa. Jenis penelitian ini tergolong quasi experiment. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Subjek peneliti adalah siswa kelas X IPA1 (kelas eksperimen, 32 siswa) dan kelas X IPA2 (kelas kontrol, 31 siswa) yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Model pembelajaran yang digunakan untuk kelas eksperimen adalah model pembelajaran make a match dalam model pembelajaran TGT dan model pembelajaran yang digunakan untuk kelas kontrol adalah model pembelajaran TGT. Ada tiga data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) data dokumentasi berupa nilai hasil belajar siswa pada pokok bahasan sebelumnya, (2) nilai tes kemampuan kognitif siswa yang diperoleh dari 25% nilai post-test pertemuan pertama, 25% nilai post-test pertemuan kedua dan 50% nilai ulangan harian, dan (3) data aktivitas siswa yang diperoleh melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match dalam model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan tata nama senyawa.en_US
dc.description.sponsorshipIndependent research, without research funding from sponsorsen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherBivalen: Chemical Studies Journaen_US
dc.relation.ispartofseriesVolume 1;Issue 1-
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.subjecttata nama senyawaen_US
dc.subjectmake a matchen_US
dc.subjectTGTen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN TATA NAMA SENYAWAen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:A - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Artikel Usman dkk Jurnal Bivalen 2018.pdfMain article472.86 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.