Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/8952
Title: Prosiding Seminar Nasional Pertanian 2021 Universitas Mulawarman
Other Titles: GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP KINERJA PELAYANAN KELOMPOK TANI PADA ELO DI KELURAHAN BANTUAS KECAMATAN PALARAN KOTA SAMARINDA
Authors: Chandra
Tetty, Wijayanti
Eko Harri, Yulianto
Keywords: Tingkat Kepuasan, Kinerja Pelayanan, Kelompok Tani, Harapan, Analisis IPA
Issue Date: 4-Aug-2021
Publisher: Faperta Unmul
Abstract: ABSTRAK Kinerja pelayanan yang diberikan oleh pengurus mempengaruhi tingkat kepuasan yang dirasakanoleh anggota Kelompok Tani Pada Elo. Pemberian pelayanan yang kurang tepat terhadap indikatoyang tidak menjadi prioritas terkadang membuat anggota merasa tidak puas. Penelitian inbertujuan untuk mengetahui gambaran kinerja pelayanan pengurus Kelompok Tani Pada Elo danuntuk menganalisis tingkat kepuasan anggota Kelompok Tani Pada Elo terhadap kinerja pelayananyang diberikan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2020 di Kelompok TanPada Elo Kelurahan Bantuas Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Penentuan respondenmenggunakan metode purposive sampling. Data pada penelitian ini yaitu data primer dikumpulkanmelalui wawancara menggunakan kuesioner terhadap 30 responden. Sementara data sekunderdiperoleh data yang dimiliki Kelompok Tani Pada Elo, skripsi dan literatur yang relevan denganpenelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis IPA. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kinerja pengurus Kelompok Tani Pada Elo belum maksimal. Hal tersebudikarenakan pada hasil perhitungan analisis GAP menunjukkan nilai negatif yaitu -6,7. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa Anggota Kelompok Tani Pada Elo merasa belum puas terhadapkinerja pelayanan pada kategori administrasi dan sarana prasarana produksi. Anggota sudah puasterhadap kinerja pelayanan pengurus pada kategori budaya kerja dan bantuan bibit. Anggotadikatergorikan merasa puas apabila indikator masuk ke dalam kuadran II dan belum puas apabilaindikator masuk ke dalam Kuadran I. Pengurus diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayananpada indikator yang menjadi prioritas utama, serta mempertahankan kinerja pelayanan pada indikator yang memiliki pelayanan yang sudah maksimal. Hal tersebut dilakukan demi tercapainya tingkat kepuasan anggota yang maksimal.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/8952
ISSN: ISBN: 978-602-52118-3-6
Appears in Collections:P - Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
prosiding semnas fperta.pdf391.6 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.