Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/895
Title: KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA INDIKATOR ASAM-BASA ALAMI DAN KONDUKTIVITAS BAHAN UNTUK MERANGSANG MINAT BELAJAR SISWA
Authors: Nurhadi, Mukhamad
Wirhanuddin, Wirhanuddin
Adianto, Agus
Hafi, Ahmad
Hatami, Muhammad
Issue Date: 2017
Publisher: SEMINAR NASIONAL KIMIA DAN PENDIDIKAN KIMIA (SEMNAS KPK) 2017
Abstract: Landasan suatu negara maju yaitu sumber daya manusia yang memiliki sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam mengolah sumber daya alam negaranya berdasarkan bidang yang mereka minati. Sumber daya manusia yang memiliki kriteria tersebut harus melalui suatu proses yang dapat diperoleh melalui proses pembelajaran yang mendorong mereka untuk menjadi produktif, kreatif, inovatif dan efektif. Aspek tersebut dapat dimiliki siswa jika mereka dalam proses pembelajaran dapat memiliki pengalaman langsung sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Pembelajaran bermakna dapat diperoleh melalui kegiatan praktikum atau penggunakan media pembelajaran yang efektif. Berdasarkan landasan tersebut peneliti memanfaatkan media indikator asam basa alami dan konduktivitas bahan dalam merangsang minat belajar siswa pada pelajaran IPA. Kegiatan ini dilakukan di SMP IT Cordova yang meliputi perancangan, pelaksanaan, pengamatan dan pengukuran hasil. Pengukuran hasil untuk nilai kognitif siswa dengan tes dan pengukuran minat siswa melalui lembar kuesioner. Hasil analisis minat belajar siswa sebelum penggunaan media diperoleh nilai rata-rata sebesar 74% dengan kategori cukup dan setelah penggunakan media pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 85% dengan kategori baik dan hasil nilai rata-rata kognitif siswa yaitu 90 dengan kategori tuntas.
URI: http://repository-ds.unmul.ac.id:8080/handle/123456789/895
ISSN: 978-602-51614-0-7
Appears in Collections:P - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File SizeFormat 
file_1031900018.pdf501.11 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.