Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/8679| Title: | Pengaruh Kreativitas Menggunakan Mind Mapping Berbantu Software Mindomo 3.16 terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA pada Materi Momentum dan Impuls |
| Authors: | Ainun Nuha, Azizah Subagiyo, Lambang Zulkarnaen |
| Keywords: | Kreativitas Metode Mind Mapping, Hasil Belajar |
| Issue Date: | 31-Jan-2020 |
| Publisher: | JURNAL LITERASI PENDIDIKAN FISIKA |
| Series/Report no.: | Volume 1;Issue 1 |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar menggunakan metode Mind Mapping berbantu software Mindomo 3.16. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 9 Samarinda kelas X IPA 2 dengan jumlah sampel 27 siswa. Penilaian kreativitas siswa didasarkan pada produk Mind Mapping berbantu software Mindomo 3.16 yang dibuat oleh siswa. Indikator penilaian kreativitas meliputi; menyusun sesuatu yang baru (originality), menurunkan banyak ide (fluency) dan mengubah perspektif (flexibility), link, desain, dan kata kunci. Akumulasi penskoran kreativitas diperoleh persentase tertinggi adalah skor indikator originality sebesar 20% dan persentase terendah adalah skor indikator desain sebesar 12%. Sedangkan untuk data hasil belajar diperoleh dari tes yang siswa kerjakan. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebesar 16%, dapat dikategorikan sebagai korelasi yang rendah sekali. Korelasi ini memenuhi hubungan linier Y = 62,874 + 0,253x. |
| URI: | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/8679 |
| ISSN: | 2721-0529 2714-5689 |
| Appears in Collections: | A - Teacher Training and Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| Pengaruh Kreativitas Menggunakan Mind MappingBerbantu Software Mindomo 3.16.pdf | 677.38 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.