Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/7972
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnwar, Yaskinul-
dc.date.accessioned2021-12-22T07:52:07Z-
dc.date.available2021-12-22T07:52:07Z-
dc.date.issued2021-06-01-
dc.identifier.citationAnwar, Yaskinul. 2021. Kajian Pengelolaan Guru SD Dan SMP Negeri di Kota Samarindaen_US
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/7972-
dc.description.abstractFaktor yang berpengaruh terhadap upaya pembangunan pendidikan di Indonesia antara lain tersedianya guru yang memadai, baik kuantitas maupun kualitas. Untuk itu perlu dilakukan kajian terkait pengelolaan guru negeri pada SD dan SMP di Kota Samarinda yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemecahan pokok-pokok permasalahannya. Metode penelitian ini adalah mixed methods dan evaluatif dengan unit analisis satuan pendidikan SD dan SMP Negeri yang ada di Kota Samarinda. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, FGD dan kuesioner untuk mengetahui data guru. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah guru PNS pada SD dan SMP Negeri di Kota Samarinda masih belum mencukupi kebutuhan dan sudah cukup banyak yang tersertifikasi, artinya dari segi kompetensi guru sudah sesuai. Hasil proyeksi menunjukkan jika sampai 2 tahun ke depan kebutuhan akan jumlah guru PNS pada SD dan SMP Negeri di Kota Samarinda meningkat. Untuk itu perlu pengangkatan guru SD dan SMP di wilayah Kota Samarinda dengan komposisi jumlah sesuai kebutuhan guru SD dan SMP, terutama guru yang masih non PNS dan pemeretaan guuru. Selain itu, memberikan peluang bagi guru yang belum bersertifikat pendidik untuk mengikuti PPG dalam jabatan dibiayai oleh pemerintah Kota Samarinda dan engadakan pemantauan kompetensi guru secara periodik.en_US
dc.publisherBalitbangda Kota Samarindaen_US
dc.subjectPengelolaan, Guru Negeri, SD, SMPen_US
dc.titleKajian Pengelolaan Guru SD Dan SMP Negeri di Kota Samarindaen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:J - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
47-Article Text-103-1-10-20210907 (2).pdf290.76 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.