Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/7966
Title: | LEARNING STYLE TENDENCY OF HIGH SCHOOL STUDENT IN GEOGRAPHY SUBJECT IN SAMARINDA |
Authors: | Anwar, Yaskinul |
Keywords: | Kecenderungan; Gaya belajar; Visual; Auditorial; Kinestetik. |
Issue Date: | 1-Apr-2021 |
Publisher: | Universitas Muhamadiyah Mataram |
Citation: | Anwar, Yaskinul, dkk. 2021.Learning Style Tendency Of High School Student In Geography Subject In Samarinda, Geography. Vol. 9. No. 1. |
Series/Report no.: | 1; |
Abstract: | Gaya belajar merupakan salah satu karakteristik belajar yang berkaitan dengan kemampuan menyerap,mengolah, dan menyampaikan informasi. Gaya belajar merupakan modalitas belajar yang sangat penting dan setiap siswa memiliki keenderungan gaya belajar yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kecenderungan gaya belajar siswa SMA pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di Kota Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kota Samarinda dengan jumlah populasi 600 siswa menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling dengan jumlah sampel 90 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 36 siswa (40%) memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial, sebanyak 32 siswa (35,5%) memiliki gaya belajar visual,dan sebanyak 22 siswa (24,4%) memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kecenderungan gaya belajar siswa lebih banyak pada tipe gaya belajar auditorial atau menyenangi cara belajar yang mengutamakan pendengaran atau mendengarkan. Sehingga guru sebaiknya menyediakan dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang mengarah pada tipe gaya belajar tersebut agar hasil belajar maksimal. |
URI: | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/7966 |
ISSN: | 2614-5529 |
Appears in Collections: | A - Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1308-5147-1-PB (1).pdf | 469.39 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.