Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/58668
Title: Peran Orang Tua dan Guru pada Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Bagi Pendidikan Anak Usia Dini
Authors: Rozie, Fachrul
Oktaviani, Anggraini
Lambang, Subagiyo
Issue Date: 1-Jul-2025
Publisher: PT Afanin Media Utama
Description: Di tengah derasnya arus globalisasi dan kemajuan teknologi informasi, pendidikan karakter menjadi benteng terakhir yang menjaga jati diri bangsa. Nilai-nilai Pancasila bukan sekadar rangkaian kalimat dalam dasar negara, tetapi merupakan jiwa kehidupan bersama yang menuntun langkah generasi Indonesia sejak dini. Di sinilah peran krusial orang tua dan guru berada: sebagai penjaga nilai, pengarah moral, dan pemantik cahaya dalam perjalanan hidup anak-anak bangsa.. Buku ini disusun sebagai ikhtiar sederhana namun mendalam untuk membumikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam konteks pendidikan anak usia dini (PAUD). Bukan sekadar teori, buku ini menjelma menjadi jembatan antara nilai dan tindakan—antara idealisme dan praktik harian di rumah dan sekolah. Melalui kajian lima bab utama dan bagian aplikatif yang sarat contoh konkret, pembaca akan diajak menelusuri bagaimana nilai seperti gotong royong, toleransi, disiplin, dan cinta tanah air dapat ditanamkan secara menyenangkan dan kontekstual kepada anak-anak usia emas. Keunikan buku ini terletak pada pendekatan holistik— menggabungkan peran dua pilar pendidikan terkuat: orang tua dan guru. Tidak ada keberhasilan pendidikan karakter tanpa kolaborasi harmonis antara rumah dan lembaga pendidikan. Dengan referensi yang kaya, termasuk integrasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka, buku ini juga hadir sebagai penuntun bagi para pendidik dan keluarga di era pendidikan transformatif. Kami berharap buku ini tidak hanya dibaca, tetapi dihidupi. Dijadikan bahan diskusi, refleksi, dan inspirasi dalam membangun generasi Indonesia yang tangguh secara moral, cerdas secara spiritual, dan berkepribadian Pancasila sejati.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/58668
ISBN: 978-634-7318-21-3
Appears in Collections:Faculty of Teacher Training and Education Book's

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
00122_merged.pdf5.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.