Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/56407
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSugeng, Sugeng-
dc.contributor.authorKukuh, Kukuh-
dc.contributor.authorRahmayani, Hesti-
dc.date.accessioned2024-01-17T22:07:10Z-
dc.date.available2024-01-17T22:07:10Z-
dc.date.issued2023-10-05-
dc.identifier.citationSugeng, Kukuh, & Rahmayani, H. (2023). PENGEMBANGAN MODUL AJAR GEOMETRI BERBASIS LITERASI MATEMATIKA DENGAN SOAL PENGUKURAN BERSKALA PARTIAL CREDIT MODEL JENJANG SMP DI KALIMANTAN TIMUR. Laporan Penelitian. Samarinda: FKIP Universitas Mulawarman.en_US
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/56407-
dc.description.abstractPenelitian pengembangan (R & D) ini menggunakan model 4–D (Define, Design, Develop, Disseminate). Tujuan penelitian menghasilkan produk yang layak, valid, praktis, dan efektif berupa modul ajar Geometri berbasis Literasi Matematika dengan soal tes Geometri dengan penskalaan Partial Credit Model (PCM) jenjang SMP. Subjek penelitian siswa SMP di wilayah Kalimantan Timur yang memperhatikan level sekolah (wilayah kabupaten/kota). Proses penelitian pengembangan mengikuti alur model 4-D, dengan melibatkan beberapa validator ahli materi dan bahasa). Ujicoba dengan sampel kecil (N=21) di SMPN 5 Kota Samarinda, dan ujicoba sampel besar (diseminasi) di SMPN 4 Kabupaten Kutim (N=23) dan SMPN 7 Kabupaten PPU (N=29). Angket guru, angket siswa, dan tes digunakan untuk mengumpulkan data/respon dari guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk akhir berupa Modul ajar Geometri memnuhi kriteria sebagai modul yang layak, valid, praktis, dan efektif. Untuk penelitian lebih lanjut dapat menggunakan materi ajar berbeda, sampel dari jenjang sekolah berbeda, indikator modul lebih lengkap, pelaksanaan uji coba besar (diseminasi) dengan menerapkan metode komparatif agar diperoleh efektifitas modul secara statisistik.en_US
dc.description.sponsorshipHibah FKIP 2023en_US
dc.publisherFKIP Universitas Mulawarmanen_US
dc.relation.ispartofseriesLaporan Penelitian;-
dc.subjectPengembangan modul, Penskalaan PCM, Literasi matematikaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODUL AJAR GEOMETRI BERBASIS LITERASI MATEMATIKA DENGAN SOAL PENGUKURAN BERSKALA PARTIAL CREDIT MODEL JENJANG SMP DI KALIMANTAN TIMURen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:A - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
8_Laporan Penelitian FKIP 2023-1 (Sugeng).pdfPenelitian Pengembangan2.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.