Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/55607
Title: Pengaruh Kejenuhan Belajar dan Grit terhadap Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman yang Melakukan Perkuliahan Daring Selama Masa Pandemi Covid-19
Authors: Oktafia, Monika
Lubis, Hairani
Ramadhani, Ayunda
Keywords: stres akademik
kejenuhan belajar
grit
Issue Date: 2022
Publisher: Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman
Citation: Oktafia, M., Lubis, H. & Ramadhani, A. 2022. Pengaruh Kejenuhan Belajar dan Grit terhadap Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman yang Melakukan Perkuliahan Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kejenuhan belajar dan grit terhadap tingkat stres akademik mahasiswa program studi Psikologi Universitas Mulawarman yang melakukan kuliah daring selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 180 orang mahasiswa program studi Psikologi Universitas Mulawarman yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala stres akademik, skala kejenuhan belajar, dan skala grit. Teknik analisa data menggunakan uji statistik regresi model berganda. Hasil penelitian model penuh menunjukkan terdapat pengaruh antara kejenuhan belajar dan grit terhadap tingkat stres akademik yaitu dengan nilai F hitung = 31.640 > F tabel = 3.09, adjust R square = 0.395, dan p = 0.000. Pada hasil uji regresi model bertahap didapatkan adanya pengaruh signifikan antara kejenuhan belajar dengan stres akademik yaitu nilai beta (β) = 0.392, t hitung = 4.754 > t tabel = 1.984, dan p = 0.000. Kemudian pada grit dengan stres akademik menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dengan nilai beta (β) = -0.392, t hitung = -4.752 > t tabel = 1.984, dan p = 0.000.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/55607
Appears in Collections:S1-Psikologi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Monika Oktafia_2017_final.pdfFULL TEXT4.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.