Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/53959
Title: ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII TERHADAP KONSEP PERKALIAN BESERTA REKOMENDASI DESAIN PEMBELAJARAN KONSEP PERKALIAN
Authors: Haeruddin, Haeruddin
Keywords: kesalahan
perkalian
desain pembelajaran
Issue Date: 2022
Publisher: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif
Abstract: Perkalian merupakan salah satu operasi dari aritmatika dasar yang memiliki peran esensial dalam pembelajaran matematika. Namun pada faktanya masih terdapat kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam perhitungan operasi perkalian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara komprehensif kesalahan siswa terhadap konsep perkalian serta memberikan desain pembelajaran rekomendasi dalam menanamkan atau mengonstruksi konsep perkalian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas VII di salah satu MTS di Samarinda, Kalimantan Timur. Data yang telah terkumpul dianalisis melalui tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian, diantaranya adalah kesalahan dalam memahami konsep perkalian sebagai operasi penjumlahan, kesalahan dalam memahami konsep perkalian sebagai gabungan dari operasi penjumlahan dan perkalian, dan kesulitan pada operasi perkalian puluhan dan ratusan.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/53959
Appears in Collections:A - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Analisis Kesalahan siswa kelas VII terhadap konsep perkalian beserta rekomendasi desain pembelajaran konsep perkalian (1).pdfANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII TERHADAP KONSEP PERKALIAN BESERTA REKOMENDASI DESAIN PEMBELAJARAN KONSEP PERKALIAN2.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.