Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/51162
Title: Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang
Authors: Wulandari, Fitri
Ramadhani, Ayunda
Rasyid, Miranti
Issue Date: 8-Aug-2022
Publisher: Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman
Citation: Wulandari, F., Ramadhani, A. & Rasyid, M. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang. Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman
Abstract: Motivasi belajar merupakan suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar dia bergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Banyak faktor yang menyebabkan siswa kurang memiliki motivasi belajar sehingga menyebabkan kurangnya nilai akademis yang dapat menimbulkan banyak permasalahan baik disekolah maupun di dalam lingkungan keluarga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa SMA angkatan 2019-2021 Tenggarong Seberang yang sedang duduk disekolah menengah atas kelas X-XII Ipa dan Ips yang berjumlah 100 siswa laki-laki berjumlah 62 siswa dan perempuan 38 siswa dengan teknik random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang dengan nilai diperoleh F hitung > F table (22.286 > 3.94 dan nilai p= 0.000 (p <0.050). Kontribusi pengaruh (R2) kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 0.430. Hal ini berarti kompetensi pedagogik guru memberikan kontribusi pengaruh besar sebanyak 29 persen terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang. Semakin tinggi kompetensi pedagogik guru tersebut maka akan bertambah besar tingkat motivasi belajar siswa.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/51162
Appears in Collections:S1-Psikologi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi_psi_2022_fitri_wulandari_pengaruh_kompetensi_pedagogik.pdf2.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.