Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/47742
Title: Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Pesan Instan Whatsapp Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman
Authors: Nabela, Farah
Keywords: kualitas sistem, kualitas informasi, kepuasan pengguna
Issue Date: 28-Jun-2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Pesan Instan WhatsApp Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman Angkatan 2020 – 2021. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel Kualitas Sistem dan variabel Kualitas Informasi serta variabel Kepuasan Pengguna. Sampel pada penelitian ini berjumlah 69 responden dengan Teknik analisis data penelitian ini menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig Fhitung = 0,000 < 0,05. Dari hasil uji t variabel Kualitas Sistem secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna dan variabel Kualitas Informasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig thitung X1 = 0,000 < 0,05, X2 = 0,801 > 0,05 di mana yang berpengaruh signifikan adalah variabel Kualitas Sistem dengan Standardized Coefficients Beta sebesar 0,581. Dan dari hasil uji dominan variabel Kualitas Sistem merupakan variabel paling dominan terhadap Kepuasan Pengguna. Hal ini dibuktikan dengan nilai Standardized Coefficients nilai variabel Kualitas Sistem sebesar 0,581 dan variabel kualitas informasi sebesar 0,032 di mana yang memiliki nilai paling besar adalah variabel kualitas sistem. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi mempengaruhi Kepuasan Pengguna sebesar 36,3% sedangkan sisanya 63,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Hendaknya pihak WhatsApp perlu memperbaiki sistem kualitas informasi aplikasi guna meningkatkan kepuasan penggunanya.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/47742
Appears in Collections:S1-Ilmu Administrasi Bisnis

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi_ab_2022_farah_nabela_pengaruh_kualitas_sistem.pdf3.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.