Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/44181
Title: | Pengaruh penggunaan media game kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Samarinda pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit |
Authors: | Erika, Farah muflihah, Muflihah Fitriana, Indah Nur |
Keywords: | game kahoot; hasil belajar siswa; larutan elektrolit dan non elektrolit |
Issue Date: | 3-Nov-2022 |
Publisher: | Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mulawarman |
Abstract: | Game kahoot merupakan media pembelajaran berbasis permainan real-time dengan bantuan jaringan internet yang menghadirkan suasana kuis edukatif yang meriah di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Samarinda pada larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, dengan desain penelitian The Matching-Only Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA MAN 2 Samarinda tahun ajaran 2021/2022. Kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan media game kahoot dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan media google form. Hasil belajar kognitif siswa diukur melalui soal tes berupa post-test dan ulangan harian. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (81,10) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (74,60). Hasil analisis data menunjukkan uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,006 yang berarti kurang dari signifikan 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media game kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Samarinda pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. |
URI: | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/44181 |
Appears in Collections: | Faculty of Teacher Training and Education Book's |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Semnas KPK 2022 Buku Abstrak.pdf | 1.98 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.