Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/43724
Title: | Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Statistika di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Loa Janan Tahun Ajaran 2021/202 |
Authors: | Kukuh |
Keywords: | Flipped Classroom Hasil Belajar Peningkatan |
Issue Date: | 5-Oct-2022 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Flipped Classroom pada materi Statistika di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Loa Janan Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak 18 siswa. Sebanyak 16 siswa dianalisis karena 2 siswa tidak mengikuti pembelajaran secara penuh. Objek penelitian adalah model pembelajaran Flipped Classroom. Data diperoleh dengan mengumpulkan data menggunakan dokumen berupa nilai dasar, tugas berupa LKPD, Observasi, dan Tes Akhir Siklus. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu penyajian data dalam bentuk tabel, peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa, dan persentase peningkatan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Flipped Classroom dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Statistika di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Loa Janan. Nilai hasil tes awal kemampuan siswa digunakan sebagai nilai dasar, yaitu sebesar 33,88 meningkat menjadi 59,7 pada siklus I atau sebesar 76%. Pada siklus II mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siklus I 59,7 menjadi 69,9 atau sebesar 17%. Pada siklus III mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siklus II 69,9 menjadi 79,2 atau sebesar 13%. Hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas guru dikategorikan baik, dimana guru telah melengkapi perangkat pembelajaran namun ada beberapa kegiatan yang belum terlaksana seperti membuat kesimpulan bersama siswa. Pada siklus II dan III dikategorikan amat baik, guru telah memperbaiki dan melaksanakan seluruh kegiatan dalam pembelajaran kegiatan. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan cukup, masih banyak kegiatan pembelajaran yang belum terlaksana. Pada siklus II dan III dikategorikan amat baik, hal ini diperoleh karena siswa sudah terbiasa dengan pembelajaran Flipped Classroom. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Flipped Classroom dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Statistikadi kelas VIII SMP Muhammadiyah Loa Janan. |
URI: | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/43724 |
Appears in Collections: | S1-Pendidikan Matematika |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_1805045077_Yustika Tuti Prabawa.pdf | 3.67 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.