Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4283
Title: PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA SMA SAMARINDA MULTIETNIS
Authors: Tanah Boleng, Didimus
Duran Corebima, Aloysius
Susilo, Herawati
H. Ibrohim
Keywords: Cooperative Script, Think-Pair-Share, Sikap Sosial, IPA-Biologi, Siswa multietnis
Issue Date: Jul-2013
Publisher: Pendidikan Biologi FKIP UNS
Abstract: Sebuah penelitian eksperimen semu dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA multietnis di kota Samarinda. Penelitian ditujukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran, etnis, dan interaksi strategi pembelajaran-etnis terhadap sikap sosial siswa. Strategi pembelajaran meliputi Cooperative Script (CS), Think Pair Share (TPS), CS+TPS, dan pembelajaran konvensional. Sementara itu, etnis terdiri dari etnis Jawa, Bugis, Banjar, dan Kutai. Penelitian dilakukan selama semester ganjil, tahun pelajaran 2012/2013. Enam kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah setara berdasarkan skor Ujian Akhir Nasional. Analisis data menggunakan ancova faktorial pada taraf signikansi 5% (p<0,05). Berkaitan dengan interaksi antara strategi pembelajaran dan etnis, hasil analisis data menunjukkan bahwa interaksi berpengaruh terhadap sikap sosial; sikap sosial pada kombinasi TPS+CS Kutai tertinggi, yaitu 39,9% lebih tinggi dari sikap sosial pada kombinasi pembelajaran konvensional Jawa (terendah). Penelitian sejenis perlu dilakukan di masa yang akan datang disamping untuk mendapatkan informasi lebih.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4283
Appears in Collections:Turnitin Report

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PROC_NAS_1_2013_PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT.pdf1.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.