Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4283| Title: | PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA SMA SAMARINDA MULTIETNIS |
| Authors: | Tanah Boleng, Didimus Duran Corebima, Aloysius Susilo, Herawati H. Ibrohim |
| Keywords: | Cooperative Script, Think-Pair-Share, Sikap Sosial, IPA-Biologi, Siswa multietnis |
| Issue Date: | Jul-2013 |
| Publisher: | Pendidikan Biologi FKIP UNS |
| Abstract: | Sebuah penelitian eksperimen semu dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA multietnis di kota Samarinda. Penelitian ditujukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran, etnis, dan interaksi strategi pembelajaran-etnis terhadap sikap sosial siswa. Strategi pembelajaran meliputi Cooperative Script (CS), Think Pair Share (TPS), CS+TPS, dan pembelajaran konvensional. Sementara itu, etnis terdiri dari etnis Jawa, Bugis, Banjar, dan Kutai. Penelitian dilakukan selama semester ganjil, tahun pelajaran 2012/2013. Enam kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah setara berdasarkan skor Ujian Akhir Nasional. Analisis data menggunakan ancova faktorial pada taraf signikansi 5% (p<0,05). Berkaitan dengan interaksi antara strategi pembelajaran dan etnis, hasil analisis data menunjukkan bahwa interaksi berpengaruh terhadap sikap sosial; sikap sosial pada kombinasi TPS+CS Kutai tertinggi, yaitu 39,9% lebih tinggi dari sikap sosial pada kombinasi pembelajaran konvensional Jawa (terendah). Penelitian sejenis perlu dilakukan di masa yang akan datang disamping untuk mendapatkan informasi lebih. |
| URI: | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4283 |
| Appears in Collections: | Turnitin Report |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| PROC_NAS_1_2013_PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT.pdf | 1.88 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.