Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4256
Title: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Dipadu dengan Think_Pair-Share (TPS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Multietnis di Kota Samarinda
Authors: Tanah Boleng, Didimus
Theodora Maasawet, Elsje
Wasti Ningrum, Riska
Issue Date: 29-Oct-2018
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman
Abstract: Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment). Variabel bebas adalah PBL dipadu TPS; variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Sampel penelitian berupa siswa kelas XI IPA SMA multietnis di Kota Samarinda. Teknik Pengambilan sampel adalah purposive sampling. Lokasi penelitian adalah di SMA baik negeri maupun swasta yang memiliki jurusan IPA di Kota Samarinda. Rancangan peneitian adalah nonequivalent pre test - post test control group design. Ada dua kelompok kelas, yaitu kelompok kelas untuk perlakuan (dikenakan perlakuan PBL dipadu dengan TPS), dan kelompok kontrol (tidak dikenakan PBL dipadu dengan TPS). Sebelum diterapkan perlakuan, siswa mengerjakan pre test. Selanjutnya, setelah dikenakan perlakuan (akhir penelitian), siswa mengerjakan post test. Bentuk dan isi soal untuk pre test dan post test sama. Hasil pre test dan post test siswa, dikoreksi menggunakan rubrik penskoran (rubric penskoran untuk keterampilan berpikir kritis, dan rubrik penskoran untuk pemahaman konsep biologi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis kovarian (anakova) dengan p˂0,05. Jika hasil anakova menunjukkan pengaruh yang siginifkan, maka dilajutkan dengan uji Least Significance Difference (LSD) dengan p˂0,05. Hasil analysis of covariance (ancova) menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran berpengaruuh terhadap keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep biologi (signifikansi = 0.00).Etnis siswa tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (signifikansi = 0,369), dan pemahaman konsep biologi (signifikansi = 0,417). Interaksi PBL dipadu TPS dan etnis siswa tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (signifikansi = 0,513), dan pemahaman konsep biologi siswa (signifikansi = 0,640). Kesimpulan penelitian adalah: (1) ada pengaruh penerapan PBL dipadu TPS terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa, (2) tidak ada pengaruh etnis siswa terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa, (3) tidak ada pengaruh interaksi PBL dipadu TPS dan etnis siswa terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa. Penelitian sejenisnya perlu dilakukan, terutama difokuskan pada jumlah siswa, dan materi biologi yang lain, untuk mendapatkan informasi lebih.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4256
Appears in Collections:Reports

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Penelitian_Mandiri_5_2018.pdf570.37 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.