Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/41939
Title: Analisis Soal Aritmetika Sosial Pada Buku Matematika Kelas VII Berdasarkan Tingkat Kognitif Dalam Taksonomi
Authors: Meldiyani, Aji
Basir, Abd.
Sugeng, Sugeng
Keywords: Analisis Soal, Matematika, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom Revisi
Issue Date: Jul-2022
Publisher: PMIPA FKIP Universitas Mulawarman
Series/Report no.: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman;Volume 2 Tahun 2022
;Volume 2 Tahun 2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kognitif soal-soal aritmetika sosial pada buku matemtika SMP kelas VII berdasarkan taksonomi bloom revisi. Penelitian ini didasari oleh mengingat tidak sedikitnya guru menggunakan buku teks sebagai sumber belajar siswa, maka soal-soal dalam buku teks haruslah memiliki tingkat kesulitan yang seimbang agar dapat mengukur kemampuan siswa. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Pedoman dokumentasi berdasarkan tingkat kognitif taksonomi bloom. Teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal-soal aritmetika sosial dalam buku siswa matematika kelas VII semester 2 kurikulum 2013 revisi 2017 yang terdiri dai 74 butir soal memiliki tingkat kognitif dengan persentase sebesar, tingkat mengingat (C1) 0%, tingkat memahami (C2) 4,054%, tingkat mengaplikasikan (C3) 32,432%, tingkat menganalisis (C4) 51,342%, tingkat mengevaluasi 12,162% dsn tingkat mencipta (C6) 0%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sebaran tingkat kognitif dalam soal-soal tersebut belum merata dan belum memenuhi kriteria perbandingan soal yang baik.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/41939
ISSN: e-ISSN: 2830-3059
Appears in Collections:A - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1251-Article Text-4276-1-10-20220731.docxAnalisis soal29.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.