Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/41930
Title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY DAN EKSPOSITORI KELAS X SMKN 12 SAMARINDA
Authors: Sugeng, Sugeng
Andriani, Lina
Labulan, Labulan
Keywords: Metode Inquiry, Metode Ekspositori, Hasil Belajar Matematika
Issue Date: 1-Dec-2021
Publisher: FKIP Universitas Mulawarman.
Series/Report no.: PRIMATIKA, Jurnal Pendidikan Matematika;Volume 10, Nomor 2, Desember 2021, pp. 107-116
Abstract: Penelitian ini bertujuan menyelidiki perbedaan hasil belajar matematika dalam pembelajaran dengan metode inquiry dan ekspositori siswa kelas X SMKN 12 Samarinda tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian mencakup semua siswa kelas X SMKN 12 Samarinda. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Purposive Sampling dan diperoleh dua kelas, yaitu X TKJ & X AK1 SMKN 12 Samarinda sebagai sampel penelitian. Pengambilan data menggunakan tiga instrumen, yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Sebelum untuk pengambilan data, soal tes diujicobakan kepada 32 siswa kelas X jurusan TKJ SMK Muhammadiyah di Loa Janan. Analisi data penelitian menggunakan teknik Independent Sample t-test pada =0,05. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor hasil belajar matematika siswa kelompok eksperimen (63,12) lebih tinggi daripada siswa kelompok kontrol (50,84). Hasil uji t menunjukkan nilai Sig.= dan tenyata lebih kecil dari taraf =0 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran menggunakan metode inquiry dan ekspositori kelas X SMKN 12 Samarinda tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan Uji Satu Pihak (uji pihak kanan) diperoleh Sig.=0.004 sehingga ditolak, berarti pembelajaran yang menggunakan metode Inquiry menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi dan signifikan daripada menggunakan metode Ekspositori.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/41930
ISSN: p-ISSN: 2302-4518, e-ISSN: 2622-0911
Appears in Collections:A - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
675-Article Text-2650-1-10-20211219.pdfHasil Belajar463 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.