Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/41562
Title: Pengaruh Perubahan Tutupan Lahan terhadap Karakteristik Aliran Masuk (Inflow) di Bendungan Benanga
Authors: 
Sarminah, Sri
Azzani, Rajib
Aipassa, Marlon Ivanhoe
Keywords: Bendungan Benanga, Sub DAS Karang Mumus Hulu, Inflow,Perubahan Tutupan Lahan
Bendungan Benanga, Sub DAS Karang Mumus Hulu, Inflow,Perubahan Tutupan Lahan
Issue Date: 21-Sep-2021
Publisher: Mulawarman University Press
Series/Report no.: SIKMA 9;Volume 2 September 2021
Abstract: Penelitian ini menganalisis perubahan tutupan lahan terhadap karakteristik aliran masuk (inflow) Bendungan Benanga digunakan metode analisis deskriptif dengan cara manganalisis data curah hujan, data perubahan tutupan lahan, data inflow dan data koefisien aliran permukaan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa setiap tahun terjadi penurunan luas hutan dan peningkatan luas lahan terbuka, pemukiman, dan semak belukar. Hal tersebut berpengaruh terhadap peningkatan koefisien aliran permukaan dan peningkatan total inflow. Peningkatan total inflow Bendungan Benanga tahun 2014 sebesar 15.443 m3/detik, tahun 2015 sebesar 18.839 m3/detik dan pada tahun 2016 sebesar 26.691 m3/detik. Hal tersebut disebabkan oleh nilai koefisien aliran permukaan di Sub DAS Karang Mumus Hulu yang mengalami peningkatan pada tahun 2014, 2015 dan 2016 sebesar 0,17, 0,17 dan 0,23. Meningkat nya nilai koefisien aliran permukaan tahun 2014, 2015 dan 2016 menunjukkan DAS Karang Mumus Hulu telah mengalami degradasi, oleh karena itu perlu dilakukan pemulihan kondisi hutan melalui upaya reboisasi maupun penghijauan untuk menambah daerah resapan air
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/41562
ISBN: 978-623-7480-99-0
978-623-7480-99-0
Appears in Collections:A - Forestry

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PROSIDING SIKMA 9-21 Sept 2021 (Rajib dkk).pdf12.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.