Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/40624
Title: Analisis Strategi Pemasaran Pupuk NPK Pelangi pada Kios Resmi di Samarinda
Authors: sukmono, yudi
Keywords: Strategi pemasaran Pupuk NPK Pelangi Internal Factors Evaluation External Factors Evaluation SWOT
Issue Date: Apr-2022
Publisher: Jurusan Teknik Industri FT Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Series/Report no.: volume 7;no.2
Abstract: Berdasarkan letak geografis, Indonesia termasuk negara dengan iklim tropis sehingga termasuk negara agraria. Sektor pertanian mengalami pertumbuhan dan kinerja ekspor selama pandemi Covid-19, pertumbuhan positif tersebut sebesar 1,75%. Dalam menunjang sektor pertanian, PT Pupuk Kalimantan Timur adalah salah satu produsen pupuk terbesar di Indonesia saat ini, dengan produk pupuk NPK Pelangi. Keberadaan Asean Free Trade Area (AFTA) sejak 1992, memberikan peluang produsen pupuk dalam negeri untuk membuka pasar secara global, namun hal ini juga bisa menjadi ancaman karena masuknya produk luar kedalam pasar domestik. Beberapa produk pupuk yang menguasai pasar saat ini adalah NPK Mutiar dan Yaramila. Hal ini mengharuskan PT Pupuk Kalimantan Timur membutuhkan Strategi Pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk. Dalam menentukan strategi pemasaran yang efektif dan efisiean adalah dengan mendaftarkan faktor evaluasi internal (IFE) dan eksternal (EFE) produk, mengetahui posisi pasar dan klasifikasi startegi dengan Matriks Internal Ekternal (IE). Selanjutnya dapat dilakukan analisis Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT) untuk mengetahui strategi usuluan dan terakhir mengambil keputusan setiap strategi hasil analisis SWOT akan dierikan skor terbaik pada matriks Quantitative Startegic Planing Matrix (QSPM). NPK Pelangi 16 16 16 berada pada Grow and Build. Klasifikasi strategi yang sebaiknya dilakukan adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/40624
Appears in Collections:A - Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Jurnal Singgih TI 17_Pemasaran.pdf721.64 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.