Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/39124
Title: Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Penyesuaian Akademik Pada Mahasiswa yang Bekerja
Authors: Apsari, Adra
Rifayanti, Rina
Rasyid, Miranti
Issue Date: 21-Oct-2021
Publisher: Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman
Citation: Apsari, A., Rifayanti, R., & Rasyid, M. (2022). Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Penyesuaian Akademik Pada Mahasiswa yang Bekerja. Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap penyesuaian akademik mahasiswa yang bekerja (mahasiswa tahun pertama perkuliahan di Universitas Mulawarman Kota Samarinda). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 111 orang mahasiswa Universitas Mulawarman Kota Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunkan adalah skala penyesuaian akademik, skala efikasi diri dan skala dukungan sosial. Data yang terkumpul dianalisa dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh positif dan signifikan efikasi diri dan dukungan sosial terhadap penyesuaian akademik dengan nilai F hitung = 20.787, R2 = 0.278, dan p = 0.000 (p<0.050). (2) ada pengaruh positif dan signifikan penyesuaian akademik terhadap efikasi diri dengan nilai beta = 0.297, t hitung 3.110 > t tabel 1.982 dan p < 0.002, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penyesuaian akademik terhadap dukungan sosial dengan nilai beta = 0.308, t hitung 3.223 > t tabel 1.982 dan p < 0.002.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/39124
Appears in Collections:S1-Psikologi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ADRA APSARI PSIKOLOGI 2016 (90121).pdfFULL TEXT5.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.