Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/38228
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSubagiyo, Lambang-
dc.contributor.authorGani, Irwan-
dc.date.accessioned2022-06-16T04:21:56Z-
dc.date.available2022-06-16T04:21:56Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/38228-
dc.description.abstractSertifikasi pendidik merupakan upaya peningkatan mutu guru dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan guru, sehingga diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas guru dan mutu pendidikan di Indonesia secara berkelanjutan. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dampak sertifikasi guru terhadap kompetensi dan kinerjanya. Penelitian dilaksanakan di 5 kabupaten/Kota di Kalimantan Timur. Dari hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwa sertifikasi guru di Kaltim memberi dampak positif dalam peningkatan mutu dan kinerja guru dengan skor lebih 80%. Namun, standar kinerja yang dipenuhi oleh guru, cenderung hanya bersifat pemenuhan kewajiban dan belum merupakan perwujudan dari budaya kerja profesional. Hasil olahan data memetakan menjadi 2 blok dalam peningkatan mutu guru yaitu kelompok pertama kompetensi pedagogi dan sosial, yang menunjukkan bahwa kompetensi pedagogi dan sosial dapat secara independen atau bersamaan membentuk tingkat profesionalisme guru. Sedangkan kelompok kedua terdiri atas kompetensi profesional dan kepribadian mampu menunjukkan secara independen atau bersamaan membentuk tingkat profesionalisme guru tersertifikasien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Negeri Jakartaen_US
dc.relation.ispartofseriesKonvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII;1550-1556-
dc.subjectSertifikasi guru, Kinerja, Kompetensi, Profesionalen_US
dc.titleDAMPAK SERTIFIKASI GURU TERHADAP PENINGKATAN KINERJA DAN KOMPETENSI GURU DI KALIMANTAN TIMURen_US
dc.typePresentationen_US
Appears in Collections:P - Teacher Training and Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.