Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/38203
Title: Pengaruh Kreativitas Menggunakan Mind Mapping Berbantu Software Mindomo 3.16 terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA pada Materi Momentum dan Impuls
Authors: Ainun Nuha, Azizah
Subagiyo, Lambang
Zulkarnaen
Keywords: Kreativitas, Metode Mind Mapping, Hasil Belajar
Issue Date: Jan-2020
Publisher: JURNAL LITERASI PENDIDIKAN FISIKA
Series/Report no.: Volume 1;27-34
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar menggunakan metode Mind Mapping berbantu software Mindomo 3.16. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 9 Samarinda kelas X IPA 2 dengan jumlah sampel 27 siswa. Penilaian kreativitas siswa didasarkan pada produk Mind Mapping berbantu software Mindomo 3.16 yang dibuat oleh siswa. Indikator penilaian kreativitas meliputi; menyusun sesuatu yang baru (originality), menurunkan banyak ide (fluency) dan mengubah perspektif (flexibility), link, desain, dan kata kunci. Akumulasi penskoran kreativitas diperoleh persentase tertinggi adalah skor indikator originality sebesar 20% dan persentase terendah adalah skor indikator desain sebesar 12%. Sedangkan untuk data hasil belajar diperoleh dari tes yang siswa kerjakan. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebesar 16%, dapat dikategorikan sebagai korelasi yang rendah sekali. Korelasi ini memenuhi hubungan linier Y = 62,874 + 0,253x
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/38203
ISSN: 2721-0529
2714-5689
Appears in Collections:A - Teacher Training and Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.