Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/37452
Title: Pengaruh penerapan strategi active learning tipe the firing line terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan sistem koloid
Authors: Siastuti, Tri
Kusumawardani, Ratna
Muflihah, Muflihah
Keywords: Hasil belajar, koloid, strategi active learning, the firing line
Issue Date: 31-Dec-2020
Publisher: FKIP, Universitas Mulawarman
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi active learning tipe the firing line terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 6 Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan sampel dipilih adalah dua kelompok siswa, masing-masing berjumlah 36 dengan teknik proposive sampling adalah kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 dengan masing-masing kelas berjumlah 36 orang. Satu kelompok siswa diajar menggunakan model strategi active learning tipe the firing line (kelompok eksperimen) dan satu kelompok siswa diajar mengunakan strategi pembelajaran langsung (kelompok kontrol). Hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes yang diberikan pada setiap akhir pertemuan dan ulangan harian. Data hasil belajar siswa kedua kelompok sampel diuji statistik menggunakan uji t untuk mengetahui adanya pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen (82,61) signifikan lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol (80,67). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi active learning tipe the firing line terhadap hasil belajar siswa bahasan sistem koloid.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/37452
ISSN: 2655-8556 (p)
Appears in Collections:A - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
The Firing Line Semnas KPK 31 Desember 2020.pdf93.27 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.