Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/3510Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | Fadli, Muhammad | - |
| dc.contributor.author | Astuti, Indah Fitri | - |
| dc.contributor.author | Ramadiani, Ramadiani | - |
| dc.date.accessioned | 2020-01-08T07:36:03Z | - |
| dc.date.available | 2020-01-08T07:36:03Z | - |
| dc.date.issued | 2019-03-25 | - |
| dc.identifier.citation | Muhammad Fadli, Indah Fitri Astuti, Ramadiani Ramadiani. 2019. Penerapan Markerless Augmented Reality Untuk Pengenalan Alfabetik Beserta Objek Pada Anak Berbasis Android, Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Vol. 4, No. 1, Maret 2019 e-ISSN 2540-7902 dan p-ISSN 2541-366X | en_US |
| dc.identifier.issn | e-ISSN 2540-7902 dan p-ISSN 2541-366X | - |
| dc.identifier.uri | http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/article/view/2575/pdf | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/3510 | - |
| dc.description.abstract | Abstrak-Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang mampu menggabungkan objek maya dalam dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D) ke dalam sebuah lingkungan nyata secara realtime. Salah satu implementasi AR di dalam bidang media informasi yaitu penerapan AR dalam mengenalkan alfabetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan Augmented Reality pengenalan alfabetik beserta objek dengan smartphone. Aplikasi yang di bangun menggunakan software unity 3D dan library Vuforia SDK. Cara kerja aplikasi ini, pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ke objek penanda Markerless, kemudian secara otomatis menampilkan informasi berupa gambar dan teks dalam bentuk alfabetik yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu, apel, bola, catur, dasi, helikopter, lampu, mobil, pensil, sepeda, dan vas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi berjalan sesuai dengan perencanaan, maka Augmented Reality dengan metode markerless dapat diterapkan untuk pengenalan alfabetik beserta objek berbasis android. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman | en_US |
| dc.subject | Augmented Reality, Media informasi, Alfabetik, Android, Unity 3D, Vuforia SDK | en_US |
| dc.title | Penerapan Markerless Augmented Reality Untuk Pengenalan Alfabetik Beserta Objek Pada Anak Berbasis Android | en_US |
| dc.type | Article | en_US |
| Appears in Collections: | A - Computer Sciences and Information Technology | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| Penerapan Markerless Augmented Reality Untuk.pdf | 405.25 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.