Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/34639
Title: PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, KECEMASAN, DAN PERHATIAN ORANG TUA, TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Authors: Asmawati, Aulia Ariski
Sugeng, Sugeng
Labulan, P.M.
Keywords: Disiplin belajar,
Kecemasan,
Perhatian orang tua,
Hasil belajar
Issue Date: 10-Jun-2021
Series/Report no.: PRIMATIKA, Jurnal Pendidikan Matematika;Vol.10, No.1, pp. 1-10
Abstract: Hasil belajar siswa merupakan salah satu variabel yang banyak diteliti dalam penelitian di bidang pendidikan. Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor tersebut tidak hanya berupa faktor internal, tetapi juga faktor eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, kecemasan dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional cluster random sampling dengan sampel sebanyak 132 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket disiplin belajar, kecemasan, perhatian orang tua dan tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar, kecemasan dan perhatian orang tua memberikan pengaruh secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018 dengan sumbangan sebesar 18,1%. Secara parsial disiplin belajar, kecemasan dan perhatian orang tua memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/34639
ISSN: p-ISSN: 2302-4518, e-ISSN: 2622-0911
Appears in Collections:A - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
391-Article Text-1953-1-10-20210625 Artikel Sug.pdfPENGARUH DISIPLIN BELAJAR, KECEMASAN, DAN PERHATIAN ORANG TUA, TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA455.08 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.