Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/32606
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMangunatun, Sri-
dc.contributor.authorBasir A, Abd-
dc.contributor.authorSuriaty, Suriaty-
dc.date.accessioned2022-03-16T15:27:52Z-
dc.date.available2022-03-16T15:27:52Z-
dc.date.issued2021-03-05-
dc.identifier.issn2721-692-
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/32606-
dc.descriptionArtikel pada Prosiding SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, SAINS, GEOGRAFI, DAN KOMPUTER TAHUN 2020en_US
dc.description.abstractAbstrak Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan siswa, disiplin belajar, dan agresivitas siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 06 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Pelaksanaan penelitian pada bulan Maret-April 2018 dengan subjek penelitian sebanyak 5 kelas dengan jumlah 169 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data kecemasan siswa, disiplin belajar, dan agresivitas siswa, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistif deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikan (𝛼) = 5%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan variabel kecemasan siswa, disiplin belajar dan agresivitas siswa berkatogori sedang dan rata-rata hasil belajar matematika adalah 60,124 siswa berkatogori sedang. Hasil analisis inferensial menggunakan regresi linier ganda diperoleh persamaan regresi dugaan 𝑌̂ = 27,308 + 0,533𝑋1 + 0,2484𝑋2 − 0,259𝑋3, dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 model regresi dapat dipakai untuk memprediksi hasil belajar matematika. Kontribusi kecemasan siswa, disiplin belajar dan agresivitas siswa terhadap hasil belajar siswa sebesar 24,9%. Untuk variabel kecemasan siswa, disiplin belajar dan agresivitas siswa masing-masing diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000, 0,007 dan 0,029. Dengan demikian, kecemasan siswa, disiplin belajar, dan agresivitas siswa masing-masing berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci : Kecemasan Siswa, Disiplin Belajar, Agresivitas Siswa, Hasil Belajar Matematikaen_US
dc.description.sponsorshipJususan PMIPA FKIP Universitas Mulawarmanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, dan Komputeren_US
dc.relation.ispartofseriesEdisi 2;2-
dc.titlePENGARUH KECEMASAN SISWA, DISIPLIN BELAJAR, DAN AGRESIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKAen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:A - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Prosiding Seminar Jurusan Pend. MIPA 2020 (1)-66-72.pdf450.61 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.