Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/27868
Title: Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Turunan
Authors: Haeruddin
Keywords: Efektivitas
Hasil Belajar Matematika
Discovery learning
Problem based learning
Issue Date: 25-Jun-2021
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning dan problem based learning pada materi turunan di kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model discovery learning, problem based learning, dan pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Dengan teknik sampling purposive, dipilih siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3 yang masing-masing sebanyak 35 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang berbentuk soal uraian yang berjumlah 8 butir dengan skor maksimal 100. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji anova satu arah yang kemudian dilanjutkan dengan uji Least Significant Difference (LSD) dengan taraf signifikansi 5%. Diperoleh kesimpulan bahwa model discovery learning dan problem based learning efektif digunakan pada materi turunan di kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Serta diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara model discovery learning dan problem based learning, namun terdapat perbedaan hasil belajar antara model discovery learning dan pembelajaran langsung serta antara model problem based learning dan pembelajaran langsung.
Description: Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Turunan
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/27868
Appears in Collections:A - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Artikel,Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Turunan.pdfEfektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Turunan450.24 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.