Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/21875
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHairina, Dika Ezati-
dc.contributor.authorWidiyowati, Iis Intan-
dc.contributor.authorErika, Farah-
dc.date.accessioned2022-03-08T14:35:47Z-
dc.date.available2022-03-08T14:35:47Z-
dc.date.issued2021-12-31-
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/21875-
dc.description.abstractPenerapan model inquiry based learning berbasis STEAM mengedepankan proses bagaimana siswa secara mandiri memperoleh pengetahuan melalui pemecahan masalah dan memiliki kemampuan untuk menggunakan pengetahuan tersebut. Sehingga diharapkan pembelajaran dapat membantu siswa untuk tidak hanya menghapal konsep, tetapi dapat memahami dan menerapkan pengetahuan yang diperoleh ke dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model inquiry based learning berbasis STEAM pada materi larutan penyangga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pendekatan deskriptif, dengan menggunakan metode survei. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA pada salah satu SMA Negeri di Samarinda. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 61 siswa, yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah formulir angket tertutup. Formulir angket yang diberikan terdiri dari 30 butir pernyataan yang dikembangkan dari 5 indikator, yaitu minat, motivasi, kepuasan, penilaian dan tanggapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase angket respon siswa ialah 80,8% yang terkategori sangat positif, artinya siswa memiliki ketertarikan siswa untuk terlibat dalam pengalaman belajar yang bermakna. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model inquiry based learning berbasis STEAM pada materi larutan penyangga mendapatkan respon yang sangat positif dari siswa.en_US
dc.publisherProgram Studi S-1 Pendidikan Kimiaen_US
dc.titleRespon siswa terhadap penerapan model inquiry based learninginquiry based learning berbasis STEAMen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:A - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
840-Article Text-2865-2-10-20220119_farah_dika.pdf442.7 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.