Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/21734
Title: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 SAMARINDA
Authors: Riyadi, Riyo
Keywords: Efektivitas, Google classroom
Issue Date: 30-Dec-2021
Series/Report no.: 1;2
Abstract: Guru dan siswa menggunakan google classroom untuk membantu proses pembelajaran yang dilakukan. Hal itu perlu dilakukan penelitian untuk melihat seberapa efektif proses pembelajaran menggunakan google classroom yang telah diberikan oleh guru kepada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan subjek 6 siswa dan 4 guru. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data dalam meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan google classroom pada pembelajaran IPS di Kelas VIII cukup efektif. Efektifnya dilihat pada pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang telah melakukan arahan dan persiapan, dari segi komunikasinya cukup baik, dan aktivitas pembelajaran yang dapat menghemat waktu dan efektif, serta performa google classroom yang dapat dipahami oleh guru dan siswa sebagai pengguna. Didukung dengan hasil kuesioner (97,3%) google classroom efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keefektifan pembelajaran menggunakan google classroom berada dalam kategori efektif. Namun terdapat ketidak maksimalanya pada guru dan siswa belum melakukan komunikasi dengan diskusi online melalui google classroom artinya guru hanya menggunakan google classroom dalam beberapa hal saja seperti menyampaikan tugas, absen dan penilaian.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/21734
ISSN: 2810-0999
Appears in Collections:P - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Prosiding Isnaniah, Sudarman, Riyo.pdfProsiding428 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.