Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/20828
Title: UJI KELAYAKAN PENGEMBANGAN MEDIA PENENTU ASAM BASA BERBASIS ARDUINO UNO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ASAM BASA
Authors: Ulfah, Maria
Usman
Sugeng
Keywords: R&D
Arduino Uno
Discovery Learning
Asam Basa
Hasil Belajar
Issue Date: Apr-2017
Publisher: SEMINAR NASIONAL KIMIA DAN PENDIDIKAN KIMIA
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengembangkan media penentu asam basa berbasis Arduino Uno, dan (b) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media penentu asam basa berbasis Arduino Uno pada penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk materi asam basa. Penelitian jenis Research and Development (R&D) ini dilaksanakan dalam tujuh langkah, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) analisis dan pelaporan. Penelitian ini menghasilkan validasi materi 84% dengan kategori baik, validasi media 89% dengan kategori baik dan validasi media dari praktisi pembelajaran 89% kategori baik. Hasil belajar siswa berupa nilai pengetahuan 87 kategori baik, nilai keterampilan 86 kategori baik, nilai sikap 90 kategori baik, dan nilai post-test 83 termasuk kategori baik.Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa media penentu asam basa berbasis Arduino Uno yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran kimia materi asam basa sehingga siswa mendapat hasil belajar yang baik dengan respon siswa terhadap media sebesar 89% dengan kategori baik, hal ini menunjukkan siswa senang menggunakan media penentu asam basa berbasis Arduino Uno yang dikembangkan.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/20828
ISBN: 978-602-73159-8
Appears in Collections:Turnitin Report

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Uji Kelayakan Pengembangan Media Penentu Asam Basa.pdfMain article1.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.