Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/20812
Title: Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19
Other Titles: Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19
Authors: Sanjaya, Arwin
Keywords: UMKM; Covid-19; digital marketing; sosial media; Kopitan
Issue Date: 3-Jun-2021
Publisher: Jurnal PLAKAT
Abstract: Era Revolusi Industri 4.0 membawa dampak positif untuk bangsa terutama bagi para pelaku usaha. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi mulai merambah ke bidang digital marketing. Sosial media adalah salah satu bentuk alat digital marketing yang dapat digunakan oleh UMKM dalam memperluas pangsa pasarnya ditengah pandemi covid-19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM Kopitan yang berada di Samarinda dalam memperbaharui strategi pemasaran berbasis internet selama pandemi covid-19 berlangsung. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan memanfaatkan sosial media instagram. Instagram dianggap sebagai sosial media yang sangat berpengaruh dalam dunia bisnis saat ini, dengan memanfaatkan fitur instagram ads diharapkan dapat menarik lebih banyak konsumen khususnya yang berada disekitar kota Samarinda untuk berkunjung ke beranda instagram Kopitan. Selain instagram, metode lain yang digunakan yaitu pemanfaatan website qrmonkey dalam pembuatan katalog menu digital dan Go-food serta Google Maps yang digunakan dalam pembaharuan konten untuk menunjang pemasaran produk. Hasil kegiatan kegiatan ini membuat UMKM Kopitan dapat memanfaatkan sosial media secara optimal dalam memasarkan produknya
Description: Digital marketing di satu sisi memberikan kemudahhan bagi pelaku usaha untuk memonitor dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan bagi calon konsumen, begitupun sebaliknya dari sisi calon konsumen adanya digital marketing memberi kemudahan dalam mencari dan mendapatkan informasi dari suatu produk yang diinginkan tanpa perlu untuk mengunjungi toko secara langsung (Mileva & DH, 2018). Bagi pelaku UMKM, pemanfaatan digital marketing menjadi solusi paling tepat untuk bertahan ditengah pandemi covid-19 baik pemanfaatan dalam melakukan pemasaran maupun transaksi online, pendekatan pada era digital ini semua layanan berbasis teknologi. Teknologi yang muncul salah satunya meningkatnya aktivitas melalui jejaring sosial (Merida et al., 2021). Salah satu alat digital marketing yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM ialah sosial media Instagram.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/20812
ISSN: 2714-5239
Appears in Collections:A - Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan.pdfartikel330.43 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.