Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/19803
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnnisa, Nur-
dc.contributor.authorMuflihah, Muflihah-
dc.contributor.authorKusumawardani, Ratna-
dc.date.accessioned2022-01-31T05:32:09Z-
dc.date.available2022-01-31T05:32:09Z-
dc.date.issued2020-
dc.identifier.issn2655-8556 (p)-
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/19803-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran IKRAR (Inisiasi, KonstruksiRekonstruksi, Aplikasi, dan Refleksi) dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA pada materi larutan asam dan basa di SMA Negeri 1 Kota Bangun tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 yang menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes yang diberikan pada post-test dan ulangan akhir bab. Uji statistik dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 78,44 dan kelas kontrol adalah 73,64. Hasil uji t menunjukkan bahwa kedua hasil belajar siswa kelas sampel berbeda signifikan. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran IKRAR dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA pada materi larutan asam dan basa di SMA Negeri 1 Kota Bangun tahun ajaran 2017/2018.en_US
dc.publisherFaculty of Teacher Training and Education - Mulawarman Universityen_US
dc.subjectIKRAR, metode Eksperimen, hasil belajar, larutan asam dan basaen_US
dc.titlePengaruh model pembelajaran IKRAR dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi larutan asam dan basaen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:A - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MOdel Pembelajaran IKRAR_Ratna Kusumawardani.pdf132.49 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.