Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/18327
Title: | Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA dan SMK |
Other Titles: | The Development of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Assessment Instruments in Indonesian Study of High School and Vocational High School |
Authors: | Sutami, Sutami Hudiyono, Yusak Ilyas, M. |
Keywords: | pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skills bahasa Indonesia SMA dan SMK |
Issue Date: | 21-Jan-2020 |
Publisher: | MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MULAWARMAN |
Series/Report no.: | 3;1 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen bahasa Indonesia berupa soal tes HOTS yang valid dan reliabel dan mendeskripsikan kualitas soal tes HOTS untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik SMA dan SMK kelas X semester 1. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall, yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut: penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, revisi produk awal, uji coba terbatas, uji coba lapangan, dan revisi produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen asesmen HOTS berupa soal tes HOTS yang terdiri dari 40 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa dinyatakan valid dan layak digunakan. Instrumen tersebut mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,88 kategori sangat tinggi untuk soal pilihan ganda dan sebesar 0,79 kategori tinggi untuk soal uraian. Soal pilihan ganda memiliki rata-rata tingkat kesukaran 0,57 (sedang), rata-rata daya pembeda 0,44 (baik), dan semua pengecoh berfungsi baik. Soal uraian memiliki rata-rata tingkat kesukaran 0,60 (sedang) dengan rata-rata daya pembeda 0,45 (baik). |
Description: | This research aims to produce a valid and reliable Indonesian language assessment instrument in form of HOTS test items and it describes the quality of HOTS test items to measure HOTS skill for the tenth grade of SMA and SMK students. |
URI: | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/18327 |
ISSN: | 2615-8655 2615-725X |
Appears in Collections: | A - Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
HOT 2020.pdf | 796.85 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.