Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/18208
Title: | Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tema Pengalamanku Menggunakan Media Konkret pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar |
Authors: | Sukriadi Karmila, Wulan Siddik, Mohammad Mustamiroh Kusdar |
Keywords: | hasil belajar matematika pengalamanku media konkret |
Issue Date: | Mar-2021 |
Publisher: | Universitas Pakuan |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika tema pengalamanku setelah menerapkan pembelajaran menggunakan media konkret. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes soal evaluasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan perhitungan rata-rata, persentase, dan grafik. Hasil yang diperoleh dari nilai awal rata-rata siswa 51,71 meningkat pada siklus I sebesar 72,04 dengan persentase peningkatan nilai awal sebesar 17.86% menjadi 39,29%, siklus II sebesar 87.20 dengan persentase peningkatan menjadi 85.71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media konkret pada tema pengelamanku muatan mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 008 Samarinda Ulu. |
URI: | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/18208 |
ISSN: | 2623-0232 |
Appears in Collections: | A - Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA PENGALAMANKU MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR.pdf | 312.42 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.