Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/1608
Title: Pengoptimalisasian Nilai-nilai Pancasila Sebagai Upaya Memperkuat Nasionalisme
Authors: Suryaningsi, Suryaningsi
Issue Date: 2016
Publisher: International
Abstract: PENGOPTIMALISASIAN NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI UPAYA MEMPERKUAT SEMANGAT NASIONALISME Oleh: Dr. Suryaningsi., S,Pd., M.H. (Dosen pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi PPKN Universitas Mulawarman) Presentasi tanggal 8 Oktober 2016 di Lambungmangkurat Banjarmasin Email;suryaningsiningsi@ymail.com Abstrak Nasionalisme merupakan suatu hal penting yang harus dimiliki bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman-ancaman Ketahanan Nasional di era Golabisasi. Globalisasi dapat mempengaruhi kehidupan berbangsa dan bernegara baik secara langsung maupun tidak langsung. Globalisasi yang membawa dampak bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia, seharusnya meningkatkan kesadaran dan semangat nasionalismnya dengan mengoptimalkan peran keluarga, sekolah dan pemerintah. Penanaman jiwa Nasionalisme perlu di lakukan melalui sekolah, sebab memungkinkan untuk melakukan pembentukan jiwa atau karakter serta semangat bagi kawula muda yang akan menentukan masa depan bangsa Indonesia di masa yang akan dating. Disamping itu para generasi penerus bangsa Indonesia yang masih berstatus sebagai pelajar disekolah sehingga jikalau sekolah dapat mampu memberikan pendidikan nasionalisme pengatan karakter bangsa Indonesia maka akan selamat bagi generasi bangsa untuk masa-masa yang akan dating. Penanaman jiwa nasionalisme serta penguatan karakter bangsa bagi selurug generasi bangsa akan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka mewujudkan NKRI yang kuat dan kokoh serta berkepribadian. Dalam rangka membentuk dan menumbuhkan rasa nasionalisme serta karakter bangsa bagi generasi di perlukan sarana prasarana yang dapat mendukung dan melengkapi penyelenggaraan pendidikan disekolah.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/1608
ISSN: 978-602-96546-4-6
Appears in Collections:P - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File SizeFormat 
file_1031900023.pdf156.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.