Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/1557
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHeriansyah, Masnurrima
dc.date.accessioned2019-11-05T11:55:35Z-
dc.date.available2019-11-05T11:55:35Z-
dc.date.issued2017
dc.identifier.issn2477-2240
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/1557-
dc.description.abstractTanggung jawab belajar menjadi salah satu masalah yang sering timbul pada mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sehingga diperlukan strategi dalam mengatasi masalah tanggung jawab belajar tersebut. Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tanggung jawab belajar mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Subjek penelitian adalah 9 orang mahasiswa program studi bimbingan dan konseling, FKIP Universitas Mulawarman tahun ajaran 2016/2017 yang memiliki tanggung jawab belajar rendah. Desain penelitian ini menggunakan rancangan pre experimental design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tanggung jawab belajar mahasiswa sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan teknik self management sebesar 31,7, 2) Tanggung jawab belajar mahasiswa setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik self management sebesar 71,8%. Berdasar hasil sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management terjadi peningkatan dalam tanggung jawab belajar mahasiswa.
dc.publisherJurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
dc.titleBIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR MAHASISWA
Appears in Collections:J - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File SizeFormat 
file_1011900011.pdf211.72 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.