Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/14432
Title: Komparatif Kemampuan Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Berdasarkan Taksonomi SOLO Menurut Jenis Kelamin Siswa Kelas XI
Authors: Khoirunnisa, Alif
Berahman, Berahman
Dimpudus, Ariantje
Keywords: Komparatif
kemampuan
menyelesaikan soal
barisan dan deret
taksonomi SOLO
jenis kelamin
Issue Date: 23-Oct-2021
Publisher: Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Mulawarman
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal barisan dan deret berdasarkan taksonomi SOLO menurut jenis kelamin siswa kelas XI IPA SMA Islam Terpadu Granada Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA A sebanyak 21 siswa dan kelas XI IPA B sebanyak 22 siswa. Sedangkan objek penelitiannya adalah kemampuan menyelesaikan soal materi barisan dan deret berdasarkan taksonomi SOLO menurut jenis kelamin. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 4 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesuai dengan indikator taksonomi SOLO dapat mampu digambarkan bagaimana kinerja pembelajar dapat tumbuh dari kompleksitas sampai tingkat abstraksi ketika banyak informasi yang diterima. Dari hasil analisis, disimpulkan terdapat perbandingan antara kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. Dimana kemampuan menyelesaikan soal barisan dan deret berdasarkan taksonomi SOLO kelompok laki-laki pada tingkatan prestruktural sebesar 100% (21 siswa), tingkatan unistruktural sebesar 52,38% (11 siswa), tingkatan multistruktural sebesar 33,33% (7 siswa), tingkatan relasional sebesar 23,81 % (5 siswa), dan tingkatan abstrak yang diperluas sebesar 4,76% (1 siswa). Sedangkan kelompok perempuan pada tingkatan prestruktural sebesar 100% (22 siswa), tingkatan unistruktural sebesar 54,54% (12 siswa), tingkatan multistruktural sebesar 27,27% (6 siswa), tingkatan relasional sebesar 13,64 % (3 siswa), dan tingkatan abstrak yang diperluas sebesar 0% (0 siswa). Adapun dari kelompok laki-laki mencapai tingkatan abstrak yang diperluas sedangkan kelompok perempuan mencapai tingkatan relasional dan ditemukan pula bahwa perilaku saat kegiatan pembelajaran dikelas kelompok siswa yang rajin dan memperhatikan guru ketika menjelaskan pelajaran menunjukkan ketidakmampuan memiliki pemahaman soal yang baik dan berfikir logis (masuk akal) sebagai jawaban alternatif sehingga disimpulkan kelompok laki-laki lebih unggul daripada kelompok perempuan.
Description: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, SAINS, GEOGRAFI DAN KOMPUTER
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/14432
Appears in Collections:Reports

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Abstract Book PMSGK 2021 fixx.pdfBuku Abstrak841.98 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.