Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/13670
Title: Persepsi Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19
Other Titles: Persepsi Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19
Authors: Hariyani, Wiwik
Keywords: persepsi; guru paud; anak usia dini; pembelajaran online; covid-19
Issue Date: 30-May-2021
Publisher: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1353
Abstract: Beberapa fenomena yang terjadi pada masa pandemi covid-19, diantaranya berkenaan pembelajaran online di lembaga PAUD. Penelitian bertujuan untuk mengungkap persepsi guru PAUD terhadap pembelajaran online. Partisipan 19 guru dari 18 lembaga PAUD di 9 provinsi Indonesia memberikan data hasil wawancara dan dokumentasi untuk diobservasi. Penelitian dilakukan selama 8 bulan (Agustus 2020-Maret 2021) yang menunjukkan bahwa pembelajaran online sebagai kegiatan pembelajaran yang dilakukan jarak jauh menggunakan perangkat teknologi; guru tetap menyiapkan perangkat pembelajaran, media, aplikasi, jadwal, dan strategi pada proses pembelajaran online; pembelajaran online tidak efektif diterapkan pada anak usia dini karena jaringan internet yang kurang stabil, anak kurang fokus memperhatikan guru, dan anak kurang tertarik pada pembelajaran online; orang tua memiliki peran penting dalam proses pembelajaran online. Kebaruan penelitian adalah mengkaji persepsi guru PAUD terhadap pembelajaran online walaupun belum mewakili persepsi guru PAUD di Indonesia dan diperoleh kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran online pada anak usia dini
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/13670
ISSN: 2549-8959
Appears in Collections:A - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online.pdf409.4 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.