Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/13100
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAzizah, Anisah-
dc.date.accessioned2022-01-17T14:46:26Z-
dc.date.available2022-01-17T14:46:26Z-
dc.date.issued2021-12-
dc.identifier.issn2086-1419-
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/13100-
dc.description.abstractSungai Mahakam yang membentang di kawasan Kota Samarinda menjadikan transportasi air memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut. Terminal Peti Kemas Palaran (TPKP) menjadi kawasan utama untuk aktivitas bongkar muat barang (peti kemas). TPKP memiliki fasilitas dermaga sepanjang 270 m, dermaga/tambatan sebanyak 2, luas lapangan penumpukan 7,7 Ha dengan kapasitas 300.000 TEUs, banyak tumpukan container 5 dan produktifitas kerja pelabuhan peti kemas yaitu 355 hari/tahun dengan jam operasional kerja per hari adalah 24 jam. Tujuan penelitian ini ialah menganalissi kapasitas dermaga TPKP. Analisis dilakukan menggunakan rumus perhitungan Berth Occupancy Ratio (BOR) dan Berth Throughput (BTP). Hasil analisis menunjukkan tingkat pemakaian dermaga telah melebihi nilai standar yang telah ditentukan UNCTAD, yaitu 50%en_US
dc.publisherJURNAL MARITIM, Jurnal Ilmiah Bidang Kemaritimanen_US
dc.subjectarticleen_US
dc.titleANALISIS KAPASITAS DERMAGA TERMINAL PETI KEMAS PELABUHAN PETI KEMAS PALARAN SAMARINDA BERDASARKAN NILAI BERTH OCCUPANCY RATIO DAN BERTH THROUGHPUTen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:A - Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Jurnal Maritim, Vol.11 No. 2 Desember 2021.pdf258.09 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.