Pengembangan Penuntun Praktikum Protista Berbasis Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa
Abstract
Didimus Tanah Boleng, Dr. Ir. Taufan P.D., M. Si., Yuli Rian Andriyani Sinaga, “Pengembangan Penuntun Praktikum Protista Berbasis Daring Untuk Meningkatan Hasil Belajar Mahasiswa”, 2021. Tujuan penelitin adalah mengembangkan penuntun praktikum Protita berbasis daring untuk meningkatkan hasil belajar mahasisiwa.
Model pengembangan mengikuti pola pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan el al. (1974). Tahap Define, memungkinkan dilakukan analisis kebutuhan yang dilakukan di Laboratorium Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan (FKIP) Universitas Mulawarman (UNMUL). Tahap Design, memungkinkan dilakukan rancangan pengembangan penuntun praktikum Protsta, yang mencakup benuk buku, struktur kegiatan setiap tema). Tahap Development, memungkinkan dilakukan pengembangan penuntun praktikum (proses validasi ahli, validasi lapangan, dan uji efektivitas produk). Tahap Diseminasi, memungkinkan dilakukan menyebarluasan hasil pengembangan (produk) kepada dosen, asisten praktikum, mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi.
Penelitian dilakukan di Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP UNMUL. Sasaran penelitian adalah nilai praktikum Protista, isi buku Penuntun Praktikum Protista, Asisten praktikum Protista, Pranata Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP UNMUL.Selain itu, informasi tentang keberadaan mahasisiwa selama masa pandemic covid-19, jaringan internet, dan kesulitan/hambatan dalam pelaksanaan praktikum untuk mata kuliah secara daring selama ini. Pelaksanaan penelitian dilakukan mulai semester genap tahun akademik 2020/2021. Uji efektivitas produk, direncanakan dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2021/2022.
Instrumen untuk pengambilan data berupa: daftar pertanyaan, dan soal-soal test. Daftar pertanyaan digunakan untuk observasi, dan wawancara. Soal-soal test, digunakan saat uji efektivitas. Teknik analisis data adalah deksriptif (persentase), dan uji parametrik.
Hasil penelitian adalah: tahap define diperoleh informasi bahwa 100% responden pernah mengalami praktikum online. Pada tahap design, dilakukan penyusunan struktur isi produk, yaitu: kover produk, tujuan kegiatan, kajian pustaka, sarana/bahan/media yang digunakan, langkah-langkah kerja, hasil kegiatan, analisis data, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka. Pada tahap development, diperoleh hasil validasi untuk semua aspek penilaian menunjukkan nilai di atas 4 (sangat baik); dan hasil uji efektivitas, menunjukkan ada pengaruh penerapa produk dalam meningkatkan hasil belajar praktikum protista (sig.= 0,00). Pada tahap diseminasi, dilakukan penyebarluasan produk ke dosen, asisten praktikum, dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi di Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman, pada hari Selasa, ranggal 14 Desember 2021.
Kesimpulan penelitian adalah (1) rata-rataNilai validator aspek materi, pembelajaran daring, dan kebahasaan, masing-masing adalah 4,76; 4,42; dan 4,55; dan semuanya berada dalam kategori sangat baik, (2) keunggulan-keunggulan produk adalah: pelaksanaan praktikum semua tema dapat dilakukan secara online, langkah-langkah kerja setiap tema praktikum dilengkapi dengan diagram alir, pengumpulan tugas/laporan hasil praktikum dapat dilakukan secara online, (3) kelemahan-kelemahan produk adalah: alat dan bahan praktikum yang dibutuhkan dalam praktikum, tidak semuanya dapat digantikan oleh alat dan bahan di rumah/sekitar rumah tempat tinggal praktikan; kejelasan isi video yang ada dalam produk, ada yang kurang jelas, sehingga dalam pelaksanaann praktikum, asisten praktikum sering menjelaskan ulang.